Vitamin yang penting untuk program hamil

Vitamin Suplemen yang penting untuk kesuburan agar cepat hamil

VITAMIN YANG PENTING UNTUK PROGRAM HAMIL ANDA
Vitamin yang wajib Anda konsumsi dalam menjalankan program hamil

Suplemen , vitamin terbaik untuk program hamil

Suplemen , vitamin terbaik untuk program hamil

 

Walaupun makanan yang kita konsumsi setiap hari juga mengandung vitamin, namun seringkali jumlahnya tidak mencukupi. Atau disebabkan adanya masalah dengan kesehatan sehingga kita membutuhkan suplemen vitamin. Karena Jika tubuh Anda fit dan sehat, pembuahan menjadi lebih mudah, dan Anda pun akan lebih ringan dalam menjalani masa kehamilan dengan segala gejala dan perubahan yang akan Anda alami.

Vitamin-vitamin yang penting untuk program hamil Anda

Berikut adalah daftar vitamin-vitamin terpenting yang wajib Anda konsumsi selama program hamil

1. Asam Folat

Asam folat sangat penting bagi ibu hamil dan juga bagi wanita yang ingin hamil. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi asam folat berpeluang lebih besar untuk hamil dibanding wanita yang tidak mengonsumsi asam folat.

  • Mengkonsumsi asam folat selama masa kehamilan juga membantu mencegah cacat lahir.
  • Sumber asam folat antara lain: kacang hitam, bayam, hati, kacang merah dan asparagus.
    Jika Anda sedang dalam program hamil, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan asam folat setiap hari.

Manfaat asam folat pada trimester pertama kehamilan:

Mengkonsumsi asam folat sejak dini, bahkan sebelum hamil sangatlah penting. Berikut adalah beberapa manfaat asam folat pada trimester pertama kehamilan Anda:

  • Membantu mencegah bibir sumbing.
  • Membantu perkembangan otak dan tengkorak.
  • Mengurangi resiko cacat tabung saraf hingga 80% (spina bifida).
  • Penting untuk produksi sel darah merah.
  • Mendukung pembelahan sel yang tepat.
  • Mendukung pembentukan tulang yang sehat.
  • Membantu mencegah depresi.
  • Bersama vitamin B12, asam folat membantu pembentukan DNA dan neurotransmitter otak.

Asam folat mencegah tingginya kadar homosistein

Tiga jenis vitamin B yang penting adalah asam folat (B9), vitamin B6 dan vitamin B12. Ketiganya berperan untuk memecah asam amino homosistein ​​dalam darah. Terlalu banyak homosistein dapat menyebabkan keguguran karena pembekuan darah terjadi lebih dari yang seharusnya. Ketiga vitamin utama tersebut digunakan oleh tubuh untuk mengubah asam amino homosistein menjadi nutrisi lain dalam darah untuk mencegah terjadinya pembekuan yang tidak perlu.

Makanan sumber asam folat

Nama asam folat berasal dari bahasa latin “folium”, yang berarti “dedaunan.” Hal ini karena asam folat banyak ditemukan terkandung dalam sayuran berdaun hijau gelap. Sebenarnya, banyak sumber makanan yang kaya akan asam folat. Ketika sedang dalam program hamil, pastikan menu sehari-hari Anda mencakup banyak makanan yang kaya akan kandungan asam folat.  Berikut ini sebagian daftarnya:

  • kacang polong ,kacang lentil,kacang merah,asparagus,kacang hijau, gandum, jeruk bali, sawi, tomat, alpukat, pepaya, brokoli, kubis, labu, adas, ketimun, bayam,lobak, hati,kenari

2. Vitamin C

  • Vitamin C penting untuk meningkatkan kesuburan dan kadar horman pria dan wanita. Vitamin C juga membantu meningkatkan jumlah sperma pria dan melindungi sperma dari cedera DNA, mengurangi risiko cacat kromosom dan mencegah keguguran.
  • Vitamin C juga meningkatkan motilitas sperma pria. Motilitas adalah kemampuan sperma untuk bergerak dan berenang menuju sel telur.
  • Anda bisa mendapatkan banyak asupan vitamin C dari buah-buahan seperti buah jeruk, brokoli, kubis, kentang, tomat dan paprika merah..

Manfaat vitamin C untuk meningkatkan kesuburan dalam menunjang kesuksesan program hamil Anda . Vitamin C telah terbukti, melalui beberapa penelitian, memainkan peran sangat penting dalam mendongkrak kesuburan, mengatur keseimbangan hormon, menjaga kesehatan sperma dan meningkatkan kekebalan tubuh serta menunjang kehamilan yang sehat. Suplemen vitamin C dapat meningkatkan kesuburan Anda dan memperbesar peluang Anda untuk berhasil hamil dalam waktu 2 bulan.

MANFAAT VITAMIN C UNTUK MENINGKATKAN KESUBURAN

  • Vitamin C meningkatkan kualitas dan melindungi sperma pria
    Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan kualitas sperma dan melindungi sperma dari kerusakan DNA, sehingga membantu mengurangi risiko keguguran dan cacat kromosom. Vitamin C melindungi sperma dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin C menyebabkan rendahnya jumlah sperma serta buruknya motilitas dan morfologi sperma. Vitamin C diperlukan untuk tidak hanya menjamin sperma yang sehat, tetapi juga membantu sperma dalam menempuh perjalanan panjang menuju sel telur. Satu penelitian menunjukkan peningkatan kesehatan sperma yang signifikan pada pria yang sebelumnya gagal dalam treatment kesuburan. Para peneliti menemukan bahwa, hanya 2 bulan setelah suplementasi vitamin C dan vitamin E dengan baik, mampu menurunkan risiko kerusakan DNA pada sperma dan meningkatkan peluang implantasi embrio pada rahim.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1991 menunjukkan bahwa asam askorbat (salah satu bentuk vitamin C) terdapat pada tingkat yang jauh lebih tinggi di dalam cairan mani dibandingkan dengan cairan lainnya dalam tubuh manusia, termasuk darah.
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pada pria yang sehat, penurunan kadar vitamin C dapat merusak kesehatan sperma.
Ketika asupan vitamin C berkurang dari 250mg hanya menjadi 5mg sehari, kadar asam askorbat pada cairan mani pria berkurang 50%, dan jumlah sperma yang menderita kerusakan DNA meningkat sebesar 91%. Hasil tersebut menunjukkan pentingnya asupan vitamin C dalam mencegah kemandulan pada pria. Itu belum semua, suplemen vitamin C juga telah terbukti dapat meningkatkan kualitas sperma pada perokok dan mengurangi aglutinasi sperma (sperma mengumpul dan menggumpal), sehingga membuat sperma lebih lincah.

  • Vitamin C berperan penting dalam proses ovulasi dan meningkatkan kesehatan sel telur
    Para peneliti telah menunjukkan bahwa asam askorbat berperan penting dalam regulasi siklus menstruasi dan fungsi ovarium. Ekskresi asam askorbat meningkat dan menurun segera sebelum ovulasi, dan kemudian segera naik kembali ketika suhu tubuh naik pasca-ovulasi. Para peneliti berspekulasi, hal ini mencerminkan adanya penyerapan asam askorbat dalam ovarium sesaat sebelum ovulasi, yang kemudian membantu terjadinya ovulasi yang tepat.

Tingginya kadar asam askorbat yang terkandung dalam ovarium berpengaruh terhadap proses sintesis kolagen, yang mana diperlukan untuk pertumbuhan folikel dan corpus luteum, serta perbaikan ovarium pasca-ovulasi. Apabila proses ini bermasalah, maka berisiko pada berkembangnya kista ovarium.

  • Vitamin C mengurangi perdarahan berat saat menstruasi

Suplemen vitamin C telah terbukti membantu mengurangi perdarahan menstruasi berat dengan meningkatkan kekuatan kapiler. Suatu studi menunjukkan bahwa perdarahan menstruasi berat berkurang hingga 87% pada wanita yang secara teratur mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi. Vitamin C sangat penting untuk penyerapan zat besi sehingga membantu mencegah anemia yang disebabkan kekurangan akibat perdarahan menstruasi berat. Dosis terapi vitamin C yang disarankan untuk mengurangi perdarahan menstruasi berat adalah 2000-4000mg per-hari.

  • Vitamin C membantu mengatasi masalah endometriosis dan fibroid rahim

Studi menunjukkan bahwa vitamin C meningkatkan kekebalan sel tubuh dan mengatasi kelelahan. Hal ini dapat membantu menghambat penyebaran dan pertumbuhan endometriosis dan fibroid rahim. Vitamin C meningkatkan imunitas, memperkuat kapiler dan dapat menghambat pertumbuhan tumor, yang semuanya merupakan aspek penting untuk manajemen kesehatan dalam kondisi seperti ini.

  • Vitamin C sangat vital untuk menunjang kehamilan yang sehat

Suplemen vitamin C, sebagai tambahan bagi menu makanan sehari-hari, telah terbukti mengurangi resiko pre-eklampsia dan resiko ketuban pecah lebih dini pada kehamilan. Sejumlah besar asam askorbat digunakan oleh tubuh wanita selama pembuahan dan diperlukan juga untuk pembentukan serta kesehatan membran janin. Penelitian menunjukkan suplementasi vitamin C juga dapat membantu mencegah cacat lahir.

Cara mencukupi asupan vitamin C

Vitamin C adalah nutrisi yang sensitif terhadap pengolahan dengan cara dimasak dan paparan udara, sehingga sebaiknya diasup dari makanan segar dengan pengolahan sesedikit mungkin.

Tahukah Anda bahwa segera setelah sebuah makanan dipotong, makanan tersebut akan mulai kehilangan kandungan vitamin C-nya? Makanlah makanan yang kaya kandungan vitamin C-nya secepat mungkin untuk memastikan Anda mengasup vitamin C dalam jumlah yang optimal. Penelitian menunjukkan bahwa:

  • Irisan mentimun yang tetap dibiarkan selama 3 jam, kehilangan 41-49% kadar vitamin C-nya.
  • Irisan melon yang dibiarkan dalam lemari es, kehilangan 35% dari kandungan vitamin C-nya dalam waktu kurang dari 24 jam.
    Vitamin C adalah antioksidan. Antioksidan bekerja bagaikan sistem pertahanan, memberantas radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak struktur sel.

Makanan yang kaya akan vitamin C (dan harus dimakan mentah) antara lain:

  • jambu biji, mustard,peterseli,kesemek,pepaya,paprika,brokoli,strawberry,jeruk,buah kiwi,kembang kol,bayam,kubis merah,kentang,tomat
    Selain mengkonsumsi makanan mentah yang kaya vitamin C, pertimbangkanlah untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C seperti misalnya suplemen antioksidan dan multivitamin.

Dosis harian suplemen vitamin C yang disarankan: 500mg sehari selain menu makanan sehat sehari-hari.

 

3. Vitamin E

Vitamin E merupakan nutrisi penting dalam program hamil. Untuk pria, vitamin E berperan melindungi kesehatan sperma dan DNA sebab vitamin ini adalah antioksidan kuat. Untuk wanita, vitamin C membantu dalam mengatur siklus ovulasi. Apabila siklus ovulasi teratur, Anda bisa merencanakan waktu yang tepat untuk bercinta agar peluang hamil lebih besar.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin E adalah : biji bunga matahari, bayam, kacang almond, pepaya, buah zaitun, dan sayuran berdaun hijau gelap.

4. Zinc (zat seng)

Zinc dibutuhkan oleh pria dan wanita untuk meningkatkan peluang pembuahan. Zinc berperan dalam pembelahan sel. Jika seorang wanita kekurangan zinc, kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh Anda juga akan berkurang secara drastis sehingga mempengaruhi sistem reproduksi Anda. Rendahnya kada zinc dalam tubuh ibu hamil pada saat hamil muda, bisa mengakibatkan keguguran.

Bagi pria, kadar zinc yang memadai akan meningkatkan jumlah sperma dan juga hormon testosteron. Sumber makanan yang kaya akan kandungan zinc adalah:  yoghurt, kacang hijau, tiram, daging rusa, kalkun, udang, biji wijen, daging sapi dan biji labu.
Ingatlah, bahwa kandungan zinc dalam makanan bisa hancur jika dipanaskan, maka untuk mendapatkan asupan zinc yang memadai, jangan mengolah makanan Anda terlalu lama. Atau jika memungkinkan, konsumsilah selagi mentah.

5. Vitamin B6

Vitamin B6 adalah salah satu vitamin penting dalam program hamil setiap pasangan. Vitamin B6 berperan dalam mengatur siklus ovulasi wanita. Vitamin ini juga membantu menurunkan kadar prolaktin dalam tubuh kita. Prolaktin mengganggu dan membuat siklus ovulasi tidak teratur. Dosis vitamin B6 sebanyak 100 mg perhari sudah memadai untuk mengurangi kadar prolaktin dalam tubuh kita. Vitamin B6 juga disebut sebagai regulator hormon sebab berperan dalam mengatur kadar gula dalam tubuh Anda sehingga cukup membantu dalam mengurangi gejala morning sickness dan meredakan PMS.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin B6 adalah bayam, lobak hijau, paprika, bawang putih, sawi, asparagus, brokoli, tuna, kangkung, dan seledri.

6. Selenium

Selenium adalah antioksidan yang berperan meningkatkan jumlah dan kualitas sperma. Selenium membantu melindungi sel telur dan sperma dari radikal bebas. Serangan radikal bebas bisa menyebabkan cacat kromosom dan juga bisa menyebabkan cacat lahir dan keguguran. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang kekurangan selenium, maka jumlah spermanya juga rendah.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan selenium adalah udang, jamur, hati, ikan cod, tuna, salmon, ikan kakap, dan kalkun.

7. Zat besi

Zat besi merupakan nutrisi penting yang membantu Anda mengatasi anemia. Anemia berpengaruh buruk terhadap siklus ovulasi Anda dan menyebabkannya tidak teratur. Kekurangan zat besi akan memperburuk kesehatan sel telur sehingga berdampak pada menurunnya kesuburan seorang wanita. Namun, sebelum mengkonsumsi suplemen zat besi, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Kelebihan suplemen zat besi dapat menyebabkan sembelit, maka pastikan Anda mengasup cukup air.
Sumber makanan yang kaya akan kandungan zat besi yaitu tahu, bayam, kacang merah, biji labu, dan kacang-kacangan.

8. Asam lemak essensial

Asam omega-3 berperan sebagai regulator hormon dan membantu meningkatkan kesuburan wanita dengan cara mempromosikan ovulasi dan meningkatkan kualitas uterus karena membantu meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi. Asam lemak essensial terdiri dari dua jenis asam baik, yaitu DHA dan EPA; keduanya membantu mengatasi depresi dan kelelahan mental. Kekurangan DHA bisa mengakibatkan berat badan lahir rendah atau bayi lahir prematur. Sumber makanan yang kaya akan kandungan asam lemak essensial adalah kenari, udang, sarden dan ikan kakap.

 

Nah semoga buat Anda yang sedang hamil Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen apapun dan patuhilah dosis yang dianjurkan.

You may also like...

%d bloggers like this: